4.000 Kasus HIV/AIDS tercatat di KPA Jayapura, Mayoritas Usia Produktif dan Usia Sekolah

KPA Jayapura catat 4.000 kasus HIV/AIDS 
Komisi Penanggulan AIDS Kota Jayapura, Papua, mencatat ada 4.000 kasus HIV/AIDS di daerah itu dan sebagian besar di antaranya masih usia produktif dan usia sekolah.

"Jumlah kasus ini menghawatirkan kami karena 75 persen di antaranya berada di usia antara 15 tahun sampai 49 tahun, lalu faktor yang menjadi penyebab kasus HIV di Kota Jayapura ini di atas 93 persen karena seks bebas," kata Ketua KPA Kota Jayapura H Nuralam di Jayapura, Jumat.

Oleh karena itu, dalam rangka peringatan Hari AIDS sedunia yang akan diperingati pada pada 1 Desember 2015 pihaknya akan melakukan sosialisasi ke masing-masing sekolah di daerah itu mulai dari tingkat SMA/SMK dan sederajat.

Lebih lanjut Nuralam mengatakan, pihaknya sudah membentuk panitia hari AIDS tingkat Kota Jayapura dan Kepala Dinas Perhubungan Kota Jayapura Elby Uneputty ditunjuk sebagai ketua panitia.

"Berdasarkan surat edaran dari KPA nasional, tahun ini yang bertindak sebagai ketua panitia nasional adalah Menteri Perhubungan RI, di tingkat provinsi Kepala Dinas Perhubungan, di tingkat kota masing-masing Kepala Dinas Perhubungan," ujarnya.

Nuralam yang kini menjabat Wakil Wali Kota Jayapura itu menambahkan tema Hari AIDS Sedunia tahun 2015 adalah perilaku sehat, sementara sub tema terbagi menjadi tiga yakni pertama perilaku sehat awal pencegahan HIV dan AIDS.

Sub tema kedua adalah saatnya semua bertindak untuk berperilaku sehat dan sub tema ketiga adalah masyarakat transportasi siap untuk mendukung program pencegahan dan penanggulangan HIV dan AIDS. (Antara)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " 4.000 Kasus HIV/AIDS tercatat di KPA Jayapura, Mayoritas Usia Produktif dan Usia Sekolah"

Post a Comment