Asap Hitam Mengepul dari Gedung Bank Papua

 
Asap hitam mengepul dari salah satu ruang panel lantai 4 Gedung Bank Papua, Selasa (24/11/2015) sore. Kejadian yang nyaris menyebabkan kebakaran di gedung yang tertelak di Jalan Ahmad Yani, Kota Jayapura itu, diketahui diakibatkan oleh gangguan pipa AC.

Para karyawan Bank Papua pun sempat panik dan langsung berhamburan keluar ruangan. Demikian pula sejumlah karyawan Papua TV yang menempati lantai 6 Gedung BPD tersebut.  yang menyebabkan asap hitam di salah satu ruang panel lantai 4, Selasa (24/11) sore.

Salah satunya, Sasha karyawan Bank Papua yang mengaku panik usai mendengar kabar kebakaran di lantai 4 tempatnya bekerja. Dia pun bersama rekan-rekan bergegas turun ke lantai 1 untuk menyelamatkan diri.

“Tadi informasinya begitu ada kebakaran di lantai 4, itu ruangan Bagian Umum. Tapi setelah dicek katanya arus pendek dari kabel AC, namun kami sempat panik karena ada asap hitam keluar dari lantai 4,” tutur Sasha ketika ditemui dihalaman Bank Papua, Selasa (24/11).

Senior Spesialis Humas dan CSR Bank Papua Felix J. A. Wangania membantah keras informasi puntung rokok yang menyebabkan gumpalan asap.

Menurutnya, asap tersebut disebabkan oleh gangguan pipa AC  yang panas diruang panel di lantai 4, hingga menyebabkan asap hitam. Ruang itu pun, katanya, tertutup setiap saat.

“Ruang panel hanya bisa diakses oleh Kepala Enggenering Roby Waroy, jadi tidak mungkin ada puntung rokok di situ, itu hanya wacana saja,” ucap Felix saat ditemui sejumlah awak media, Selasa (24/11).

Kembali menurutnya, spons yang diduga menjadi penyebab asap berfungsi juga sebagai peredam api.

”Saya sudah tanya ke Tim Enggenering, dan memang spons ini yang membuat panik, karena ketika dibuka panel pintu 4, terjadi kepanikan karena asap, tapi tidak terjadi api,” terangnya.

Felix mengakui peristiwa ini sempat menyebabkan aktivitas di Bank Papua terhenti selama 1 jam.  Namun, tidak sampai mengganggu Tim di Pusat Kendali Bank Papua.

“Artinya data nasabah semua aman, nasabah tidak perlu ragu. Ini cuma gangguan saja, sistem yang kita pakai aman dan semua berjalan normal,” tegasnya.

Sementara itu, Paur Humas Polres Jayapura Kota, Iptu Jahja Rumra ketika dikonfirmasi membenarkan adanya gangguan arus listrik di kawasan Gedung Perkantoran Bank Papua, yang menyebabkan gumpalan asap. Hanya saja, sejauh ini belum ada laporan masuk terkait peristiwa itu.

“Memang tadi ada gumpalan asap hitam di Gedung Bank Papua, tapi tak lama gumpalan itu hilang. Menurut informasi sih ada gangguan disalah satu kabel AC milik Bank Papua, tepatnya dilantai 4 dan 5,” terang Jahja.
Beruntung sumber ganguan yang menyebabkan gumpalan asap berhasil diatasi oleh petugas keamanan. (Dhara)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Asap Hitam Mengepul dari Gedung Bank Papua"

Post a Comment