Letkol Inf de Freetes Korban Penembakan OPM Dimakamkan di Magelang

Korban Penembakan OPM Dimakamkan di Taman Makam Pahlawan
Prosesi pemakaman Letkol Inf Anumerta Jhon Eliwod De Fretes

Anggota TNI korban penyerangan kelompok separatis Organisasi Papua Merdeka, Letkol Inf Anumerta, Jhon Eliwod De Fretes, Rabu (02/12/2015) pagi tadi dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Sasana Giri Dharmo Loyo, Bulurejo, Kecamatan Mertoyudan.

Iring-iringan jenazah dari rumah duka di Jalan Arjuno 3 Kompleks Akademi Militer tiba di Taman Makam Pahlawan pada pukul 09.15 WIB. Selanjutnya dilakukan penyambutan secara militer dan upacara militer yang dipimpin oleh Kasdam 17 Cenderawasih, Brigjend TNI, Herman Asaribab.

Kemudian, jenazah dimakamkan dan diberi penghormatan terakhir oleh tarusan anggota TNI yang hadir dalam upacara pemakaman tersebut.

Sebelumnya, kedatangan jenazah Letkol Inf Jhon Eliwod De Fretes tiba di rumah duka di Jalan Arjuna III Kompleks Akademi Militer, Magelang pada Selasa (01/12) pukul 22.00 WIB dari Papua. Kedatangan jenazah yang diantar langsung oleh Kasdam 17 Cenderawasih, Brigjen TNI Herman Asaribab beserta staff dan Wakil Gubernur Akmil.

Saat bertugas di Magelang, mendiang pernah menduduki berbagai posisi salah satunya menjadi Kasi di Penhumas Akmil. Menanggapi hal tersebut, Kapenhumas Akmil, Letkol Inf Asep Kusman sangat merasa kehilangan sosok yang pernah bersamanya dalam satu ruangan tersebut.

“Beliau merupakan salah satu anggota yang disiplin dan mampu menyelesaikan segala tugas. Saya masih ingat ketika saya kasih tugas dia pasti selalu menyelesaikannya meski harus pulang hingga larut malam,” katanya seusai mengikuti acara pemakaman.

Sebagaimana diketahui, almarhum gugur saat bertugas menjadi Perwira penghubung  di Kabupaten Mamberamo Raya, Papua pada tanggal 30 November 2015. Saat itu ia sedang melakukan kunjungan ke kampung Namuni dalam rangka pengamanan 1 Desember yang dianggap sebagai Hari Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Pada saat kejadian, Letkol Inf Anumerta Jhon de Fretes menjadi pendeta membawa misi untuk mengajak damai. Namun, justru ditembak oleh gerombolan bersenjata bersama 2 prajurit lainnya yang berhasil melarikan diri. (Sorotmagelang)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Letkol Inf de Freetes Korban Penembakan OPM Dimakamkan di Magelang"

Post a Comment