Ngeri! Napi yang Kabur terlibat Kasus OPM tembak Aparat, Curas Bertopeng, dan Pembunuhan di Organda

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw membenarkan diantara 14 narapidana yang kabur dari LP Abepura Jumat pagi, juga terdapat anggota kelompok sipil bersenjata (KSB) yang terkait sejumlah kasus penembakan terhadap aparat keamanan.

"Memang ada beberapa anggota KKB yang selama ini melakukan aksi penembakan di Tolikara, sekitar Puncak Jaya termasuk Yambi dan Wamena yang ikut kabur dari LP Abepura, " ujar Irjen Pol Paulus Waterpauw, di Jayapura.

Menurut Kapolda Papua, kaburnya ke-14 kelompok bersenjata itu menjadi tanda tanya tersendiri karena mereka melarikan diri melalui pintu depan.

Karena itu, pihaknya akan memberi perhatian terhadap kasus tersebut dan akan serius menanganinya sehingga akan meminta pihak lapas tidak lengah apa pun alasannya mengingat saat ini polisi bersama TNI berupaya menangkap para pelaku penembakan.

Namun di sisi lain, pihak LP dengan alasan kekurangan tenaga sering kali lengah dan tidak waspada hingga menyebabkan tahanannya kabur seperti halnya yang terjadi di LP Wamena dan LP Timika, ungkap Irjen Pol Waterpauw.

Ada pun narapidana yang kabur dan tergabung dalam Organisasi Papua Merdeka (OPM) pimpinan Puron Wenda yakni Yogor Talenggen, Usimin Telenngen dan Rambo Tolikara, sedangkan tiga orang lainnya yakni John Uaga, Derpin Togodly dan Andinus Karoba terlibat kasus pencurian dengan kekerasan (curas) bertopeng.

Sedangkan Jefran Efrain Oagay terlibat kasus pembunuhan di Organda yang menewaskan dua warga sipil.


Ada pun nama-nama ke 14 narapidana yang kabur masing masing, Derpin Togotli, Jhon Uwaga, Darius Doga, Lapis Wantik, Fely Tabuni, Jefran Efrain Oagai, Janurius Muyak, Eki Dabi, Derius Wanimbo alias Rambo Tolikara, Iwan Itlay, Andinius Karoba, Usmin Talenggen, Yogor Talenggen, dan Hendrik Joke. (Antara)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ngeri! Napi yang Kabur terlibat Kasus OPM tembak Aparat, Curas Bertopeng, dan Pembunuhan di Organda"

Post a Comment