Habiskan Rp700 Milyar, PLTA Genyem Jayapura Tak Beroperasi Maksimal

PLTA Oria Genyem  (Foto: Bintangpapua)
Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Oria Genyem, Jayapura, Papua yang dalam pembangunannya menelan anggaran senilai Rp 700 milyar, kondisinya saat ini tidak bisa maksimal dioperasikan.

Manager PT. PLN Wilayah Papua dan Papua Barat, Yohanes Sukrislismono mengakui bahwa pembangkit listrik yang dibangun sejak 2009 hingga 2011 itu dari sejak awal dioperasikan terus mengalami kendala.

“ Rp 700 milyar untuk bangun PLTA Oria  namun kondisinya saat ini spesifik banget, tidak bisa dimaksimalkan  manakala hujan maka debit air akan banyak namun membawa  material lumpur ke aliran air yang menuju turbin, hingga harus dikeruk menggunakan eksavator, sedangkan kalau kemarau airnya habis samasekali, hingga tidak bisa dioperasikan,” ujar Yohanes, Jumat (20/5/) pagi.

Diakui pihaknya juga tidak bisa berbuat apa-apa untuk mengatasi masalah kondisi air tersebut. Saat ini pihaknya berupaya untuk melakukan perbaikan atas satu buah mesin turbin yang rusak.

“Beberapa waktu lalu  satu  mesin kita paksakan untuk beroperasi , namun  akibat air bercampur  lumpur hingga membuat  mesin rusak.  Namun saat  ini mesinnya  sudah datang dari Cina  dan sudah dipasang,” katanya.

Seharusnya, jika PLTA Oria Genyem dapat beroperasi dengan baik, maka akan mampu menghasilkan daya sebesar 20 MW, yang dihasilkan dari dua buah turbin. Namun akibat terkendali debit air yang menggerakkan turbin tidak baik, maka saat ini hanya bisa menghasilkan daya sebesar 6 MW saja. (Wartaplus)

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Habiskan Rp700 Milyar, PLTA Genyem Jayapura Tak Beroperasi Maksimal"

  1. Paykasa kart satın almak için 7/24 online olarak hızlı ve güvenilir hizmet veren paykasa nedir kart satış sitemizden uygun fiyatlar ile satın alımlarınızı yapabilirsiniz. Paykasa kart ile yapacağınız alışverişlerinizde birçok indirim ve avantajın doğrudan sahibi olabiliyorsunuz.

    ReplyDelete