Pererat Hubungan dengan Rakyat, TNI Gelar Program Sejuta Jamban

Kodim 1705/Paniai khususnya Koramil 1705-06/Moanemani mengajak masyarakat di wilayahnya untuk hidup bersih melalui program pembangunan sejuta jamban yang dicanangkan oleh TNI AD di seluruh Indonesia.

Komandan Kodim (Dandim) 1705/Paniai Letnan Kolonel Arh Yulian Iskandar, di Jayapura, Minggu, mengatakan dengan dibangunnya jamban ini warga masyarakat semakin memahami perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).


"Dengan pembangunan jamban di rumah warga ini juga diharapkan penyebaran berbagai penyakit akibat lingkungan kotor akan semakin berkurang," katanya.

Menurutnya, kegiatan pembuatan jamban dilaksanakan pada Sabtu (21/5/2016) hingga Minggu (22/5/2016) merupakan jamban yang kedua dan dikerjakan selama 2 hari.

Pada pembuatan jamban yang kedua di tempatkan di kampung Mauwa Distrik Kamuu Kab.Dogiyai di rumah mama  Ameliana Gane salah janda yang sudah lama ditinggal mati suaminya sehingga keberadaan jamban di rumahnya sangat diharapkan untuk dapat digunakan semestinya.

Konstruksinya pada jamban di rumah mama Ameliana Gane dengan konstruksi pada dinding menggunakan dinding dari sobetan kayu besi yang bahannya dikirim dari Nabire konstruksi bangunan sangat sederhana namun beda dengan jamban yang sudah jadi pada pembuatan jamban yang pertama dikampung Ikebo Distrik Kamuu.

Dengan pembuatan jamban di rumah mama  Ameliana Gane diharapkan dapat digunakan sebagaimana mestinya sehingga tidak membuang air besar di sembarang tempat karena sudah ada jambannya sehingga tetap terjaganya standar kesehatan dan terpenuhinya salah 1 ( satu ) syarat pada sebuah rumah sehat dengan adanya jamban dan ini merupakan kepedulian Kodim 1705/PN dalam hal ini Koramil 1705-06/Moanemani dalam mengatasi salah satu kesulitan rakyat disekitarnya.

Akhir kegiatan pembuatan jamban mama Ameliana Gane sangat mengucapakan terima kasih atas kepedulian Koramil yang dengan iklas dan tulus mengerjakan dan memilih rumah mama  sebagai tempat sasaran pembuatan jamban padahal masih banyak rumah warga yang sangat mengharapkan pembuatan jamban di rumahnya tapi karena alokasi dan bahan yang terbatas sehingga dipilihlah rumah yang betul betul sangat membutuhkan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pererat Hubungan dengan Rakyat, TNI Gelar Program Sejuta Jamban"

Post a Comment