ISIS Hancurkan Peninggalan Nabi Yunus

Peninggalan Nabi Yunus yang dihancurkan ISIL.
Peninggalan Nabi Yunus yang dihancurkan ISIS.

 


ISIS menghancurkan peninggalan Nabi Yunus. Mereka juga menandai dua lusin peninggalan penting yang akan dihancurkan di Irak dan Suriah dalam tujuh minggu awal pemerintahan mereka. Warga Irak pun berkumpul membentuk kelompok-kelompok kecil untuk berkabung.  
 
“Kami menangis ketika mereka meledakkannya,” kata Abdul Malik Mustafa, seorang warga yang tinggal di dekat situs yang diyakini sebagai makam nabi Yunus tersebut, seperti dilansir New York Times, Kamis (31/7). 
 
“Kita tidak bisa percaya bahwa sejarah Mosul telah hilang. Saya ingin mati.”

Berbagai rumor kemudian muncul tentang sasaran militan ISIS selanjutnya untuk meledakkan menara Minaret. Menara ini tercetak pada uang kertas 10 ribu Dinar Irak dan berusia lebih tua dari Menara Pisa di Italia. Saksi mengatakan, warga berkumpul di menara tersebut dan berhadapan dengan para militan.

Publik marah dengan serangan-serangan yang terjadi di tempat-tempat bersejarah di Mosul, termasuk dengan adanya pengusiran orang-orang Kristen di kota tersebut. Kelompok penduduk bersenjata tidak resmi sebelumnya telah terlibat bentrok dengan para militan ISIS karena penghancuran makam dan kuil. Beberapa gerilyawan tewas dalam bentrokan tersebut. beberapa diantaranya ditangkap dan dieksekusi.

Warga mengatakan, kemarahan itu terkait langsung dengan penghancuran situs-situs bersejarah. “Ini bencana besar bagi Mosul dan Irak,” kata dia.  “Ini adalah kejahatan terhadap kota dan sejarahnya. Kami menangis sejak hari pertama mereka mulai menghancurkan simbol-simbol agama dan sejarah kami," ucapnya. (ROL)
 

 
 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "ISIS Hancurkan Peninggalan Nabi Yunus"

Post a Comment