Lengan Palsu Pilot Copot Saat Daratkan Pesawat



Lengan Palsu Pilot Copot Saat Daratkan Pesawat
Pesawat Flybe (www.planespotters.net)
Lengan palsu pilot yang tengah mengoperasikan pesawat komersial Inggris, The Flybe, copot saat melakukan pendaratan. Kejadian itu menyebabkan pesawat yang mengangkut 47 mendarat secara keras, sehingga sempat terpental.

Laman Dream.co mengabarkan, Jumat 15 Juli 2014, memberitakan, peristiwa itu terjadi pada 12 Februari 2014. Saat pesawat yang terbang dari Birmingham itu mendarat di Bandara Kota Belfast.

Meski pesawat mendarat dengan keras, tak ada penumpang maupun kru yang terluka. Sehingga Flybe bersyukur dan bangga pada pilotnya tersbut.

"Kapten senior yang dimaksud dalam laporan ini merupakan salah satu pilot paling berpengalaman dan kepercayaan Flybe," kata Kapten Ian Baston, direktur operasi dan keselamatan penerbangan Flybe.

Selain tak ada penumpang dan kru yang terluka, pesawat yang mendarat dengan keras itu juga tidak mengalami kerusakan apapun. Semua dinyatakan baik-baik saja.

Laporan dari Penyelidik Kecelakaan Udara menyatakan pilot 46 tahun tersebut mengecek tangan palsunya itu dna mendapati sudah menjepit dengan sempurna sesaat sebelum mendarat.

Sang pilot telah mematikan sistim autopilot dan mendaratkan pesawat tersebut secara manual. Namun, saat melakukan pendaratan itu tiba-tiba jepitan tangan palsu -yang menggantikan tangan kiri- itu menjadi longgar, sehingga memaksa pilot itu melakukan kontrol dengan tangan kanannya.

"Dia melakukan itu, tapi dengan mesin yang maish bekerja dan mungkin hembusan angin mempengaruhi pesawat, pendaratan yang normal itu disertai hempasan, sehingga pesawat mengalami pendaratan keras," tulis laporan hasil penyelidikan.

Kapten itu berjanji akan lebih berhati-hati dalam menjalankan tugas di masa mendatang. Dia akan selalu mengecek dengan benar tangan palsunya sebelum mengoperasikan pesawat. Selain itu, dia juga berjanji akan membriefing kru lainnya jika terjadi kondisi seperti ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lengan Palsu Pilot Copot Saat Daratkan Pesawat"

Post a Comment