TNI AU Uji Coba Pesawat Tempur di Papua



Pesawat Tempur TNI AU T50 Golden Eagle

Senin (25/8/2014) kemarin, masyarakat Papua dengan bangga dapat secara langsung menyaksikan tiga pesawat tempur terbaru TNI AU bernama T-50 Golden Eagle beraksi di wilayah udara Papua. Aksi tiga pesawat tempur ini adalah sebagai bagian dari simulasi latihan militer TNI AU yang diberi nama Perkasa D-14 selama empat hari di Papua.

Latihan ini dimaksudkan untuk memperkuat eksistensi TNI AU dalam mengawal keamanan keamanan dirgantara Indonesia khususnya di Papua.

Kepala Dinas Operasi (Kadis  Ops) Lanud Jayapura, Letkol Pnb I Ketut Wahyu mengungkapkan bahwa latihan yang akan diperagakan oleh 56 anggota TNI AU ini seperti latihan pertahanan udara, mulai dari simulasi intercept (pencegatan) pesawat asing yang masuk tabpa izin di wilayah udara NKRI hingga ke latihan force down (pendaratan paksa) bagi pesawat asing yang berpotensi mengancam, keamanan udara nasional.

“Selain 3 pesawat T-50 Golden Eagle yang didatangkan dari Skuadron 15 Lanud Iswahyudi Madiun, dilibatkan juga 3 unit pesawat tempur Sukhoi SU-27 Flanker dari Makasar, 1 unit pesawat Boeing 737-200 surveiller dan pesawat angkut C-130 Hercules,” kata I Ketut sebagaimana diberitakan Cenderawasih Pos.

Selama latihan ini pesawat-pesawat tempur tersebut akan berhome base di Lanud Jayapura, kecuali pesawat Sukhoi yang akan berhome base di Lanud Biak.

Menurut I Ketut, dipilihnya Papua sebagai tempat latihan dikarenakan seluruh pangkalan udara milik TNI AU dijadikan tempat latihan. Sehingga pelatihan kali ini hanya merupakan giliran Papua.

“Jadi latihan ini adalah latihan rutin. Kebetulan tahun ini Papua menjadi tuan rumah. Hal ini dilakukan agar seluruh penerbang tempur TNI AU bisa menguasai wilayah udara NKRI,” lanjut I Ketut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TNI AU Uji Coba Pesawat Tempur di Papua"

Post a Comment