Cina Punya Jalur Khusus Pejalan Kaki Berponsel

Headline
(telegraph.co.uk)
Beijing - Meminimalisir terjadinya kecelakaan fatal akibat menggunakan ponsel saat berjalan kaki, sebuah kota di Cina menghadirkan sebuah jalur khusus pada trotoar jalanan kota. Seperti apa?

Pemerintah Kota Chongqing di Cina telah membuat jalur pejalan kaki atau trotoar menjadi dua bagian, yaitu satu bagian khusus untuk pejalan kaki biasa dan satu lagi khusus untuk pejalan kaki yang tidak bisa lepas dari ponselnya.

Jalur ini dihiasi garis serta tanda besar dalam bahasa Cina dan Inggris yang memperingatkan pejalan kaki untuk berjalan di jalur yang tepat. Jalur tersebut bertuliskan 'Ponsel, berjalan di jalur ini, resiko ditanggung sendiri'. Sementara di jalur sebelah bertuliskan 'no cellphones''.



Selain menuliskan peringatan di trotoar jalan, terpampang juga tanda besar yang bertuliskan 'Trotoar ponsel pertama di Cina' lengkap beserta diagram yang menggambarkan bagaimana cara menggunakan jalan.

Namun menurut laporan terbaru Telegraph, pemerintah kota Chongqing sengaja menciptakan jalur khusus ini untuk mengingatkan bahwa sebaiknya tidak beraktivitas dengan ponsel saat berjalan.

Bagaimana menurut Anda? Apakah hal serupa juga perlu untuk diterapkan di Indonesia? (inilah/kabarpapua.net)

Subscribe to receive free email updates: