Jejak-Jejak Peradaban Islam di Makkah

Kota Makkah, Arab Saudi.
Kota Makkah, Arab Saudi.
MAKKAH - Kota suci Makkah memiliki daya tarik tersendiri bagi umat Islam di seluruh penjuru dunia. Banyak Muslim yang berbondong-bondong datang ke Arab Saudi hanya untuk melihat jejak sejarah lahirnya agama yang diyakininya. Biasanya umat Islam menyempatkan diri mengunjungi artefak Islam dan bangunan bersejarah usai melaksanakan ibadah haji atau umroh.

Sejarawan Arab, Fawaz Al-Dahas mengatakan, sebagian besar pengunjung telah mengetahui sejarah tentang Nabi Muhammad SAW. Tidak sedikit pula dari mereka yang mengetahui sejarah perjalanan Rasulullah hingga sampai ke kota suci ini. Hingga akhirnya, saat mereka berkesempatan menginjakan kaki di Makkah, mereka tak ingin melewatkan untuk menyaksikan tempat bersejarah itu.

Oleh karenanya, Pemerintah Arab Saudi melestarikan berbagai artefak sejarah umat muslim. Pihaknya telah berupaya menjada keaslian Makkah sebagai tempat lahirnya agama Islam. Pemerintah Arab pun harus menyadari sejarah dibalik berbagai artefak itu, termasuk nama-namanya dengan benar.

Wadi Ibrahim (Lembah Ibrahim)

Wadi Ibrahim terletak di lembah Makkah. Hal ini seperti yang tertuliskan di Al-Quran. Nabi Ibrahim AS dan keluarganya tinggal di sebuah lembah yang kering, yang saat ini dikenal dengan Ibrahim Valley. Lembah itu memanjang dari ujung utara Makkah hingga ke Selatan.

Penamaan lembah biasanya berbeda sesuai arah tujuan pengunjung. Jika dari arah menuju Al-Shara’I, maka orang menyebutnya Jalan Raja Faisal. Namun jika dari arah menuju Al-Muabadah, maka orang menyebutnya Masjidil Haram. Meskipun demikian, tetapi sebenarnya itu satu jalan lurus yaitu Ibrahim Vaey Road.

Al-Shara'i

Al-Shara'i merupakan sebuah wilayah berkembang dari Al-Lihyaniyah luar wilayah Haram yang dikotakan. Nama kabupaten bervariasi berdasarkan peristiwa sejarah yang terkait dengan lokasi. Beberapa menyebutnya Hunain yang merefleksikan pertempuran Islam yang terkenal dengan nama yang sama.

Hunain merupakan tanah subur berlimpah dengan air dan memperoleh signifikansi besar selama periode Abbasiyah sebagai Danau Zubaidah, istri Khalifah Haroon Al-Rasheed. Danau dengan serangkaian sumur dan waduk digunakan untuk menyediakan air untuk peziarah. Oleh karena itu, lebih tepat untuk memanggil daerah Hunain daripada Al-Shara'i, sebagai
mantan didukung oleh bukti-bukti sejarah.

Jabal Al-Nour (Al-Nour Mountain)

Jabal Al-Nour merupakan gunung tempat Malaikat Jibril  turun dari langit dan membacakan Al-Qur'an kepada Nabi Muhammad SAW. Nama gunung bersejarah itu Gua Hira. Itu merupakan tempat Rasulullah menyendiri sebelum dirinya menjadi nabi.

Ini kemudian dikenal dengan Jabal Al-Nour untuk mewakili acara Alquran dibacakan kepada Nabi sebagai momen pencerahan. Namun, untuk geografis dan historis yang benar, gunung itu disebut Gua Hira.

Athakhir Apex

Awalnya bernama Athakhir, dataran tinggi namun orang-orang kemudian menyebutnya Athakhir Apex. Secara historis, itu adalah dataran tinggi di mana Nabi (saw) memasuki Makkah ketika dia menaklukkan kota. Istilah yang benar adalah Athakhir Plateau.

Al-Hujoun

Merupakan dataran tinggi tempat pasukan Muslim di bawah pendamping Al-Zubair Bin Al-Awam untuk memasuki Makkah selama masa penaklukan. Secara historis dikenal sebagai Kida 'Plateau dan itu adalah nama yang sah sebagai lawan Al-Hujoun.

Al-Tandbawi

Daerah ini terletak di lembah terkenal Al-Laqeet dan dinamakan demikian setelah pohon dengan nama yang sama ditemukan di daerah itu. Sheikh Ahmad Al-Subai kata Al-Tandbawi adalah kata asing yang diciptakan oleh imigran Afrika yang kemudian menetap di daerah dan dianggap sebagai rumah mereka.

Al-Nakasah

Di daerah ini, ada gundukan bernama Al-Makasah (tarif) dan itu adalah satu-satunya pintu masuk ke Makkah dari utara. Kemudian pangeran dari Makkah menggunakannya untuk  pedagang saat mereka memasuki kota. Inilah sebabnya mengapa daerah itu bernama Al-Makasah dune, yang kemudian menjadi Al-Nakasah.

Makkah selalu berubah

Menurut ahli Makkah, Khudran Al-Thubaity, kota ini telah mengalami perubahan konstan dan pengembangan sepanjang sejarah. Ini sangat tercermin dalam berbagai aspek kota, terutama dari aspek arsitektural.

Makkah mengalami banyak perubahan dari Kekhalifahan Umayyah ke Kekhalifahan Abbasiyah, dan zaman modern. Dengan transformasi ini, nama-nama beberapa landmark juga berubah.

"Jika kita ingin memperbaiki penamaan landmark ini sejarah, maka kita harus kembali lagi ke sejarah untuk memastikan bahwa kita memiliki nama yang benar. Selain itu, nama-nama tidak secara acak ditugaskan di daerah dan harus dipelajari dan dikaji oleh sebuah komite khusus, "katanya.

Osama Zaitouni, juru bicara Municipality Makkah, mengatakan komite khusus yang disebut Penamaan dan Komite Penomoran telah dibentuk dan terdiri dari sejarawan dan ahli tata kota. Komisi yang lain adalah kota Walikota Osama Al Bar. Panitia menerima permintaan dari masyarakat umum dan bekerja pada mempertahankan sejarah dalam pembangunan. (ROL/kabarpapua.net)

Subscribe to receive free email updates: