Bahaya!!! Pemerintahan Jokowi Dinilai Mirip Orde Baru

Ray Rangkuti.
Ray Rangkuti.
Pengamat politik Ray Rangkuti menilai hingga saat ini pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla belum bisa membuktikan slogan revolusi mental, yang selalu digadang-gadang keduanya saat kampanye Pilpres 2014.

Menurutnya, dalam banyak kesempatan, Presiden Jokowi selalu menyebut-nyebut pemerintah tengah mengejar pembangunan fisik, seperti waduk, pembangkit listrik, tol laut dan pelabuhan. Namun, kata dia, Jokowi seakan lupa akan janjinya untuk membangun mental bangsa.

Karakter pemerintah yang hanya fokus pada pembangunan fisik dan mengesampingkan pembangunan non fisik ini, menurut Ray, mirip dengan masa pemerintahan orde baru.

"Saya melihat Jokowi justru dipengaruhi oleh Suharto, bukan Soekarno," katanya dalam sebuah forum diskusi di Jalan Agus Salim, Jakarta Pusat, Jumat (27/3).

Lebih lanjut, Direktur Lingkar Madani tersebut mengatakan bahwa saat ini aktivis-aktivis merasa ketakutan untuk bersuara lantaran takut menjadi korban kriminalisasi.

Menurut Ray, justru pada era pemerintahan Jokowi, para aktivis untuk pertama kalinya kembali merasa terancam sejak demokrasi.

Bedanya, kata dia, jika pada masa order baru TNI yang memegang kekuasaan, maka saat ini Polri-lah yang dijadikan sebagai alat untuk meredam protes di masyarakat. (rol/kabarpapua.net)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bahaya!!! Pemerintahan Jokowi Dinilai Mirip Orde Baru"

Post a Comment