Kampus Uncen Disusupi Aspirasi Separatisme


Bendera Bintang Kejora, yang dibentangkan oleh kelompok WPNA, dalam unjuk rasa di Unipa Manokwari (Foto: Kompas)

Kejadian Senin (2/3) kemarin menunjukkan bahwa asrama Universitas Cenderawasih (Uncen) sangat rawan disusupi aspirasi untuk memisahkan diri dari NKRI. Di halaman asrama Uncen Waena tiga elemen pergerakan yaitu PNWP, NRFB dan WPNCL yang bergabung dalam United Liberation Movement of West Papua (ULMWP) menggelar seminar bernuansa separatis.

Diberitakan oleh Cepos, awalnya seminar ULMWP yang digelar  di Asrama Mimika Perumnas 1 Waena dibubarkan paksa oleh aparat kepolisian. Namun, massa yang bubar itu akhirnya melanjutkan kegiatan mereka di halaman asrama Uncen Waena.

Meski saat pembubaran itu aparat kepolisian mengawal pergerakan massa yang berjalan kaki menuju lokasi asrama Uncen Waena, namun aparat tak berbuat apa-apa saat seminar itu dilanjutkan di sana.

Kegiatan yang melibatkan lebih dari 200 massa itu berisi pembahasan United Liberation Movement of West Papua (ULMWP) atau Persatuan Pergerakan Pembebasan untuk Papua Barat yang tengah mengajukan aplikasi permohonan untuk menjadi anggota penuh Melanesian Spearhead Group (MSG) di Port Vila, Vanuatu, pada 15 Februari 2015 lalu. Permohonan aplikasi itu sebagai bagian dari upaya Papua untuk memisahkan diri dari NKRI.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kampus Uncen Disusupi Aspirasi Separatisme"

Post a Comment