Cina Kembangkan Senjata Baru untuk Serang Server Internet

Hub internet (Ilustrasi)
Hub internet (Ilustrasi)
Teknologi Great Firewall sudah lama digunakan untuk memblokir konten internet yang kritis terhadap pemerintah Cina. Tujuannya, agar situs-situs yang memuat konten demikian tidak bisa dibuka oleh masyarakat Cina.

Namun ternyata pemerintah Cina tidak cukup merasa aman hanya dengan mengandalkan Great Firewall. Sebuah lembaga studi dari Amerika Serikat baru-baru ini mengungkap, Cina sedang mengembangkan senjata baru untuk menyerang konten dan server internet di luar batas yurisdiksinya.

Termasuk, yang berasal dari Amerika Serikat. Senjata baru ini dinamakan Great Cannon, meriam besar.

Seperti dilansir CNN, menurut peneliti John Scott-Railton, jangkauan Great Cannon cukup mengkhawatirkan. Namun, belum dapat dipastikan, analisis di balik pilihan Cina menciptakan Great Cannon.

"Ini punya kemampuan serangan yang kuat. Dan kita ingin tahu analisis risiko dan keuntungan yang melatari pemerintah Cina untuk mengungkapnya," kata John Scott-Railton kepada CNN, Selasa (14/4).

Diduga kuat, lanjut John, pemerintah Cina mulai khawatir akan kemampuan aktivis kebebasan berekspresi untuk menembus Great Firewall. Dengan begitu, masyarakat Cina bisa kembali mengakses artikel-artikel kritis prodemokrasi dari Barat.

Great Cannon sendiri punya kemampuan untuk merusak server internet yang ditargetnya. Bahkan, Great Cannon bisa mengendalikan browser internet milik pengguna internet sendiri.

"Ini bisa mengirimkan malware untuk menginfeksi komputer sasaran di manapun dia berada, selama dia berusaha mengakses server internet dari Cina," ujar John. (rol/kabarpapua.net)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cina Kembangkan Senjata Baru untuk Serang Server Internet"

Post a Comment