Banyak Uskup Lakuan Pelecehan Seksual, Paus Bentuk Pengadilan Khusus

Pada Kamis (11/6), Paus Fransiskus akhirnya menyetujui pembentukan lembaga khusus untuk mengadili para uskup yang dituduh melakukan tindakan pelecehan seksual pada anak-anak dan sekaligus untuk mengadili mereka yang menutup-nutupi atau tidak mencegah terjadinya kasus pelecehan seksual tersebut.

Lembaga ini adalah sebuah lembaga baru dalam dunia peruskupan Katolik. Pasalnya departemen untuk penanganan pelecehan sexsual itu memang belum pernah ada.
 

Jubir Vatikan, ederico Lombardi mengatakan, “Tugas lembaga ini nantinya adalah mengadili para uskup yang tersangkut kasus pelecehan seksual terhadap anak-anak.”




Lebih lanjut, Federico mengatakan bahwa para Uskup juga bisa diadili jika mereka tidak mengambil tindakan untuk mencegah terjadinya pelecehan kepada anak anak.
 

Paulus menyetujui semua ini dikarenakan desakan dari keluarga para korban dan sekaligus di masih banyaknya kasus serupa bermunculan. Keluarga para korban terus mendesak dan tak henti-hentinya meminta agar pihak Vatikan mau mengabsahkan lembaga ini.

Skandal Pelecehan Seksual di kalangan pastor untuk kali pertama mencuat adalah kasus Boston 2002. (Protonema/kabarpapua.net)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Banyak Uskup Lakuan Pelecehan Seksual, Paus Bentuk Pengadilan Khusus"

Post a Comment