Tahapan Pilkada 11 Kabupaten di Papua Berjalan Lancar

Ilustrasi Pilkada 
Tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di 11 Kabupaten di Provinsi Papua yang awalnya sempat terkendala masalah pendanaan dari pemerintah daerah, kini berjalan lancar. Demikian disampaikan anggota KPU Papua Bidang Divisi Hukum dan Pengawasan, Tarwinto, didampingi anggota KPU Papua Musa Sombuk dari divisi sosialisasi di Jayapura, Selasa (25/8) sore di Hotel Grand Abe, Kota Jayapura.

11 Kabupaten-Kota yang mengikuti Pilkada serentak di Papua yakni, Kabupaten Keerom, Merauke, Asmat, Boven Digul, Nabire, Yahukimo, Supiori, Mamberamo Raya, Pegunungan Bintang, Waropen dan Yalimo.

Dikatakan, saat ini sedang dilakukan tahapan pencabutan nomor urut pasangan calon untuk 10 Kabupaten. Tinggal satu yakni kabupaten Keerom yang akan melakukan tahapan pencabutan nomor urut besok Rabu (26/8) .

Dia mengakui, dari penetapan pasangan calon, ada tiga kabupaten yang calonnya ditolak oleh KPU Kkarena tidak memenuhi syarat yakni, Kabupaten Nabire satu calon, Kabupaten Supiori dua calon, dan Kabupaten Yahukimo satu pasangan calon. “Jadi 11 Kabupaten semua sudah tetapkan pasangan calonnya, ada 3 kabupaten yang pasangan calonnya tidak penuhi syarat. Kalau pasangan calon tersebut anggap putusan KPU meragukan, silahkan adukan ke Panwas untuk proses hukum selanjutnya,” kata Tarwinto.

Dia juga memberi apresiasi pada pasangan calon yang dicoret, karena sangat mengerti aturan hukum, sehingga tidak melakukan tindakan yang diluar aturan yang berlaku. “Kita apresiasi karena yang kita khawatirkan tidak terjadi. Ini juga karena pendekatan yang baik dan sosialisasi terus menerus,” ujarnya.

Soal dana, Tarwinto mengatakan secara keseluruhan sudah terealisir. “Memang kemarin ada soal dana alat peraga yang belum masuk dalam usulan, karena memang dari terlambat pemberitahuan dari Pusat. Tapi, kami sudah kordinasi dengan pemerintah daerah, dan dalam pembahasan APBD perunbahan sudah diseutjui pemda. Kita sangat apresiasi dan kami optimis Pilkada akan lancar,” imbuh Tarwinto. (Beritasatu)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tahapan Pilkada 11 Kabupaten di Papua Berjalan Lancar"

Post a Comment