Video Reporter Amerika Ditembak Tewas Saat Siaran Live, Diduga Karena Rasis Terhadap Kulit Hitam

parker 

Alison Parker, reporter WDBJ7 bersama juru kamera  Adam Ward ditembak saat menjalani siaran live pada Rabu (26/8/2015). Kejadian yang membuat publik Amerika Serikat terhenyak tersebut, direkam oleh sang pembunuh Vester Lee Flanagan II. Flanagan yang sebelumnya dipecat oleh WDBJ, lantas bunuh diri saat dikejar oleh polisi.


Rabu pagi, Alison Parker dan Adam Ward seperti biasa tengah bertugas meliput. Kali ini mereka terlibat wawancara dengan Vicki Gardner tentang persiapan perayaan ulang tahun ke-50 Danau Gunung Smith. Mendadak, delapan tembakan meletus. Ward sang juru kamera  roboh. Alison Parker sempat memperlihatkan wajah panik dan menjerit, tetapi tembakan berikutnya mengarah padanya.


Ini bukan kisah dalam film, tetapi kejadian nyata di Moneta, Virginia. Parker dan Ward tewas seketika di lokasi. Sementara Gardner yang diwawancarai, selamat dari maut meski harus menjalani operasi. Ironisnya, pelaku penembakan adalah sosok yang tidak asing bagi WDBJ, yaitu mantan pegawai mereka sendiri, Vester Lee Flanagan.


Flanagan sempat mencuitkan perasaannya di akun twitter pribadi. Ia menyebut Parker pernah mengucapkan kalimat rasis. Namun, WDBJ justru mempekerjakan perempuan 24 tahun tersebut. bagi Flanagan ini adalah bentuk ketidakadilan. Akan halnya Ward, dituding Flanagan pernah melakukan komplain atas kerjanya.

Flanagan sendiri tidak hanya bercuit, tetapi juga mengunggah video penembakan di Twitter dan Facebook. Ia mengaku telah menerima diskriminasi seksual dan rasial hanya karena seorang kulit hitam dan orientasi seksual yang gay. Flanagan menyebut dirinya tinggal menunggu swaktu-waktu meledak.

Flanagan yang dipecat dari WDBJ dua tahun lalu, sempat kabur dari lokasi kejadian. Ia lantas melakukan percobaan bunuh diri. Sempat dilarikan ke rumah sakit, nyawa Flanagan tidak tertolong lagi. 

Dalam catatannya yang sempat dikirim melalui fax, Flanagan menyebut dirinya terinspirasi oleh Seung-Hui Cho, pemuda asal Korea Selatan yang menjadi tersangka pembunuhan dalam pembantaian Virginia Tech. Flanagan juga mengaku terlecut atas penembakan gereja Charleston pada Juni tahun ini, yang dilakukan oleh remaja kulit putih Dylann Roof, dan menewaskan sembilan warga Afro-Amerika.


Berikut video penembakan Alison Parker dan Adam Ward. Sebagai peringatan, video ini mengandung konten yang berpotensi mengganggu, dan disarankan pemirsa video bijaksana dalam memahami video berikut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Video Reporter Amerika Ditembak Tewas Saat Siaran Live, Diduga Karena Rasis Terhadap Kulit Hitam"

Post a Comment