2 Hercules Bantu Penanganan Asap dan Angkut Penumpang di Timika dan Merauke

Hercules C-130 dengan tile number A-1321 batal terbang mengangkut 8 jenazah korban kecelakaan Hercules A-1310 tipe yang sama karena ada percikan api. (Liputan6.com/Richo Pramono)

Guna penanganan kabut asap yang makin parah di Timika dan Merauke, 2 unit pesawat Hercules milik TNI AU diterjunkan ke dua kabupaten itu. Selain membawa pasukan guna memadamkan api, kedua Hercules itu juga digunakan untuk membantu maskapai penerbangan dalam mengangkut penumpang yang tertunda penerbangannya karena kabut asap.

"Sebanyak 100 prajurit TNI sudah di-droping dari Yonif 754 Timika ke Merauke, untuk membantu memadamkan titik api dan memperkuat pasukan di sana. 2 Hercules didatangkan juga untuk membantu pemerintah daerah dalam mengangkut warga yang akan bepergian, tetapi terganggu akibat asap,'' kata Komandan Korem 174/Anim Ti Waninggap, Brigjen TNI Supartodi, Minggu (25/10/2015)

Menurut Supartodi, pesawat tersebut bisa juga digunakan untuk mengangkut warga yang akan keluar dari Timika dan sebaliknya, karena Hercules bisa  terbang dalam jarak pandang minimal 200 meter.

Sejak dua pekan lalu, sejumlah maskapai penerbangan di Timika menunda penerbangannya dari dan ke Timika, ini dikarenakan kondisi jarak pandang di Bandara Mozes Kilangin, Timika yang hanya berjarak di bawah 1.500 meter. (Liputan6)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "2 Hercules Bantu Penanganan Asap dan Angkut Penumpang di Timika dan Merauke"

Post a Comment