Musibah Dokter PTT di RS Cendrawasih Dobo

Dr Dionisius Giri Samudra
Kabar meninggalnya Dr Dionisius Giri Samudra, dokter pegawai tidak tetap (PTT) di RS Cenderawasih Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku membuat ribuan kalangan medis berduka. "Selamat jalan Dr Dionisius Giri Samudra. Satu lagi dokter meninggal di tempat tugas," tulis Bambang Budiono, dokter senior di RS Awal Bros Makassar di akun Facebook-nya.

Status Bambang itu dengan cepat menyebar di media sosial. Menurut Bambang, seharusnya Kementerian Kesehatan (Kemenkes) wajib memberikan proteksi pada setiap dokter baik yang berstatus PTT, PNS termasuk menjalankan program internship yang memperoleh penugasan apalagi ke daerah terpencil. Setidaknya berupa asuransi kesehatan, asuransi jiwa, serta gaji yang pantas untuk bisa hidup sehat dan layak.

Dionisius merupakan salah satu dokter yang menjalani program internship di Kepulauan Aru. Bambang menuliskan, bahwa gaji dokter Internship yang hanya berkisar Rp 2.5 juta tak sebanding dengan beban tugas dan kewajibannya. "Gajinya bahkan di bawah UMR buruh. Sungguh ironis dan mengenaskan," tulisnya.

Kabar kematian dokter muda asal Makassar ini dengan cepat menyebar luas di media sosial. Sebelum Dionisius wafat, Bambang menulis di akunnya Facebook-nya dan meminta siapapun yang memiliki jaringan ke Kementerian Kesehatan dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk menyebarkan informasi tersebut.

Sebelumnya dikabarkan seorang dokter yang menjadi pegawai tidak tetap (PTT) di RS Cendrawasih, Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku, Dionisius Giri Samudra, meninggal dunia. Dokter yang tengah menjalankan program internship ini meninggal dunia, Rabu (11/11) sekitar pukul 18.00 waktu setempat.
Mirisnya, dia meninggal di RS tempatnya bertugas di antara kawan-kawan sejawatnya yang berupaya keras mengevakuasinya ke rumah sakit yang lebih lengkap peralatan medisnya, namun tak berhasil. Sulitnya akses dari lokasi tempat tugas dokter Dionisius menjadi salah satu kendala. Akses tercepat dari Dobo menuju ke Maluku, harus ditempuh dengan pesawat selama 3,5 jam. Itupun dengan jadwal penerbangan yang tak menentu. (Republika)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Musibah Dokter PTT di RS Cendrawasih Dobo"

Post a Comment