Arus Barang Tinggi, Perluasan Pelabuhan Jayapura Sangat Mendesak

Pelindo: perluasan Pelabuhan Jayapura sangat mendesak
Pelabuhan Jayapura (Foto: Antara Papua/Dhias)
Manajemen PT Pelindo IV Cabang Jayapura menyatakan, perluasan areal Pelabuhan Jayapura sangat mendesak karena pertumbuhan arus barang masuk sangat tinggi.

"Perluasan areal pelabuhan Jayapura sangat urgen karena kapasitas terpasang kita 110 ribu-120 ribu theus, sementara yang ada hampir mencapai angka 100 ribu theus dalam setahun," ujar General Manager PT Pelindo IV Cabang jayapura Jusuf Yunus di Jayapura, Minggu.

Dijelaskannya, semakin pesatnya arus pembangunan di seluruh wilayah Papua membuat jumlah barang masuk melalui Pelabuhan Jayapura terus bertambah, karena lokasi tersebut menjadi titik masuk dari sebagian besar barang di beberapa kabupaten pegunungan.

"Indikator kemajuan suatu daerah itu, sangat ideal untuk dilihat di pelabuhan. Indikator pertumbuhan perekonomian kepada data statistik pada angka normal lima sampai tujuh persen, tetapi pertumbahan barang yang ada di pelabuhan sudah menginjak angka 12 persen, jadi di situ kita melihat akselerasinya," kata dia.

Terlebih bila rencana pembangunan akses jalan untuk kontainer jadi drealisasikan, maka perluasan areal Pelabuhan Jayapura harus bisa segera dimulai.

"Belum nanti terjadinya aksesibilitas jalan yang akan terlaksana, tentunya akan lebih menggeliatkan arus barang yang masuk dan keluar," ucapnya.

Sebelumnya, ia juga sempat mengemukakan bahwa manajemen PT Pelindo IV dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mengagendakan kerja sama perluasan areal Pelabuhan Jayapura.

"Perluasan areal Pelabuhan Jayapura itu menjadi poin penting dalam pembicaraan kemarin. Karena kita sangat berharap, untuk tumbuh bersama, jangan sampai terkesan Pelindo berjalan sendiri," kata dia.

Menurutnya, manajemen Pelindo berharap agar Pemprov bisa berkontribusi untuk membebaskan lahan yang dbutuhkan untuk perluasan areal Pelabuhan Jayapura.

"Nanti akan ada pembebasan kawasan bekang dan Weref, nah ini kita harapkan peran serta pemerintah daerah dalam pembebasan lahan," ucap Yunus. (Antara

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Arus Barang Tinggi, Perluasan Pelabuhan Jayapura Sangat Mendesak"

Post a Comment