Kodam Cenderawasih Latih Relawan Penanggulangan Bencana Keerom

Kodam Cenderawasih latih relawan penanggulangan bencana Keerom
Jajaran Kodam XVII/Cenderawasih melatih relawan penanggulangan bencana di Kabupaten Keerom, Provinsi Papua, yang digelar Sabtu (27/2). (Foto: Istimewa/Pendam XVII/Cenderawasih)

Jajaran Kodam XVII/Cenderawasih melatih relawan penanggulangan bencana di Kabupaten Keerom, Provinsi Papua, agar tanggap dalam menyikapi bencana alam baik sebelum terjadi, saat terjadi maupun pascakejadian.

"Pelatihan relawan bencana itu digelar Sabtu (27/2) di Jasdam Kodam XVII/Cenderawasih," kata Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Teguh Pudji Raharjo, dalam rilis yang diterima Antara di Jayapura.

Ia mengatakan, pelatihan tersebut dibuka oleh Bupati Keerom Watai, yang banyak memberi penekanan terkait fungsi para relawan bencana.

Bupati menegaskan bahwa peran relawan penanggulangan bencana merupakan potensi yang diandalkan dalam penanggulangan bencana yang selama ini sudah cukup eksis pada tanggap darurat.

Peran para relawan bencana cukup signifikan dalam kecepatan dan semangat aksi penanggulangan bencana serta melaksanakan penanganan bencana dan kedaruratan mulai dari sebelum, pada saat, dan setelah terjadi bencana yang meliputi pencegahan, kesiapsiagaan, penanganan darurat, dan pemulihan.

Bupati juga mengatakan bahwa BNPB Kabupaten Kerom menganggap perlu untuk mewujudkan relawan tanggap, tangkas dan tangguh dalam penanggulangan bencana yang mampu bekerja dengan baik dan profesional.

Selain itu, Deputi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana menganggap perlu diselenggarakannya kegiatan latihan personil penanggulangan bencana sebagai peningkatan kualitas dan kuantitas sumber daya personil penanggulangan bencana di Indonesia.

Dari latihan itu nantinya diharapkan seluruh relawan peserta latihan penanggulangan bencana dapat melaksanakan tindakan kebencanaan dan koordinasi awal pra bencana, tanggap darurat bencana hingga pasca bencana.

Para relawan juga nantinya mempunyai kompetensi (pengetahuan, sikap dan perilaku) dan mampu bekerja dengan baik dan profesional serta mampu menjalankan fungsi manajemen bencana.

Juga diharapkan nantinya seluruh relawan peserta pelatihan penanggulangan bencana dalam penanggulangan bencana berperan lebih luas pada fase sebelum bencana, saat terjadi hingga pada tahap rehabilitasi dan rekontruksi pasca bencana. (Antara)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kodam Cenderawasih Latih Relawan Penanggulangan Bencana Keerom"

Post a Comment