Belajar Sejumlah Hal, Mantan Presiden Timor Leste Berkunjung ke Papua

Mantan presiden Timor Leste Jose Ramos Horta berkunjung ke Papua guna mempelajari sejumlah hal di provinsi paling timur Indonesia itu. Salah satu agendanya ialah melakukan kunjungan ke Bank Papua di Jayapura, Senin (2/5/2016), untuk mengetahui tata cara pengelolaan keuangan dan pembinaan bagi pengusaha lokal.

"Kunjungannya khusus terkait keuangan, jadi dia ingin mendapat infromasi dari kita tentang penyaluran dana pembangunan karena di sana juga ada beberapa bank dari Indonesia," ujar Direktur Umum dan Operasional Bank Papua Sharly Parangan, di Jayapura, Selasa.

Ia menjelaskan Ramos Horta tertarik mendapatkan informasi dari Bank Papua karena banyak kesamaan yang dimiliki kedua belah pihak, termasuk dari sisi industrinya.

"Timor Leste juga punya lembaga keuangan seperti kita, makanya dia mau melihat seperti apa karena potensi yang ada di sana mirip seperti kita. Mereka ada kopi, tambang, minyak dan gas. Kemudian mereka juga ingin mendapat informasi dari kita tentang pengelolaannya seperti apa," katanya.

Sharly juga menyampaikan bahwa Ramos Horta ingin mengetahui model penyaluran kredit dan pembinaan yang dilakukan Bank Papua dan para pihak yang dilibatkan.

"Kami sampaikan kita berusaha bagaimana pengusaha Papua bisa kita kembangkan dan kita sudah lakukan dengan mengadopsi beberapa model," ujarnya lagi.

Dikemukakannya, dari hasil kunjungan tersebut belum akan ada rencana kerja sama antar kedua belah pihak karena dari pembicaraan yang dilakukan lebih sebagai ajang tukar informasi.

"Kerja sama saya pikir belum ke arah situ tapi dengan informasi yang kita sampaikan mereka akan melihat seperti apa, karena ada beberapa kesamaan-kesamaan kita dan ternyata perdagangan disana banyak orang Indonesia," kata dia.

"Bahkan dia sangat tertarik pada industri traktor karena kualitas kita lebih bagus dibanding dari China, dan terkait harga tidak terlalu berbeda. Dan impor disana 80 persen dari Indonesa," sambung Sharly.

Sebelumnya, Ramos Horta bertemu dengan sejumlah tokoh Papua di salah satu restauran ternama di Kota Jayapura, Senin (2/5/2016) siang.

Ramos Horta yang juga pernah menjadi perdana menteri dibekas provinsi Indonesia itu, bertemu dengan Franz Alberth Yoku, Ramses Ohee, Nick Messet dan Jhon Norotouw sekitar pukul 12.00 WIT hingga 12.30 WIT.

Kepala Badan Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri Provinsi Papua Suzana Wanggai mewakili Gubernur Lukas Enembe terlihat dalam pertemuan yang dirangkai dengan makan siang bersama.

Usai pertemuan singkat, Ramos Horta sempat foto bersama dengan para tokoh Papua itu.

"Saya butuh istirahat satu dua jam, setelah melakukan perjalanan jauh di hari ini. Nanti setelah saya berkeliling Kota Jayapura akan menyediakan waktu untuk bertemu dengan rekan wartawan," kata Ramos Horta menolak secara halus pertanyaan wartawan terkait kedatangannya ke Papua.

Senada itu, Suzana Wanggai mengatakan Ramos Horta masih akan bertemu dengan sejumlah pihak dan membutuhkan istirahat usai perjalanan panjang ke Papua.

"Nanti besok saja, baru rekan-rekan wartawan bertemu lagi. Bapak Ramos masih harus selesaikan agendanya, dia kan baru datang," kata Suzana mencoba meyakinkan rekan-rekan media di Jayapura, Papua.

Ramos Horta, tiba di Jayapura, Papua pada Senin pagi dengan agenda bertemu Kapolda Papua, Pangdam Cenderawasih dan akan mengunjungi sejumlah tempat. (Antara)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Belajar Sejumlah Hal, Mantan Presiden Timor Leste Berkunjung ke Papua"

Post a Comment