Indonesia Bungkam Malaysia 2-0

Suporter Timnas Indonesia
Suporter Timnas Indonesia
SIDOARJO -Timnas Indonesia memetik kemenangan meyakinkan 2-0 atas Malaysia dalam laga persahabatan di di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Ahad (14/9). Dua gol tim Garuda berasal dari bunuh diri Muslim Ahmad pada menit ke-64 dan tandukan striker Samsul Arif dua menit sebelum waktu normal berakhir.

Malaysia memiliki peluang emas untuk memimpin pada menit ketiga babak pertama. Tapi bola sepakan Noorsahrul Idlan Talaha yang tak terkawal di kotak penalti hanya membentur mistar. Tim Harimau Malaya juga mendapatkan peluang serupa pada pengujung babak pertama. Beruntung eksekusi Azmi Muslim tak mampu menggetarkan jala gawang Indonesia yang sudah ditinggalkan kiper I Made Wirawan.

Indonesia sebenarnya berkali-kali mencoba membongkar pertahanan Malaysia. Namun upaya Zulham Zamrun, Samsul Arif, Irfan Bachdim, maupun Ahmad Bustomi selalu kandas.
Dengan permainan cepat dan intensitas tinggi, tim asuhan Alfred Riedl ini akhirnya berhasil mengungguli tamunya pada menit ke-64 lewat gol bunuh diri Muslim Ahmad. Ia gagal mengantisipasi umpan silang Rizky Rizaldi Pora yang menusuk dari sisi kanan pertahanan Malaysia.
Rizky melakukan akselerasi melewati seorang bek Malaysia. Setelah masuk ke kotak, Rizky yang merupakan pemain Barito Putera ini langsung mengirimkan umpan silang. Bola yang datang cepat coba dihadang Muslim dengan kakinya, tapi justru masuk ke gawangnya sendiri.

Indonesia mengubah angka di papan skor menjadi 2-0 pada menit ke-88 lewat Samsul. Gol Samsul bermula dari pergerakan Toni Sucipto di sisi kanan pertahanan Malaysia. Toni mengirimkan umpan silang ke ruang kosong. Samsul yang berlari kencang menyambut bola dengan tandukan keras yang tak bisa diantisipasi kiper Malaysia Abdul Kadir.

Laga Indonesia versus Malaysia merupakan uji coba jelang kedua tim berlaga di Piala AFF 2014. Malaysia dan Indonesia berada di grup berbeda.

Indonesia bergabung dengan tuan rumah Vietnam, Filipina dan runner-up babak kualifikasi di Grup A. Sementara Malaysia berada di Grup B bersama Singapura, Thailand dan juara babak kualifikasi. Piala AFF akan berlangsung pada 22 November hingga 20 Desember.

Susunan Pemain:

Indonesia: Made Wirawan (GK); Zulkifli Syukur, M Roby, Hamka Hamzah (C), Dedi Hartono (Anindito Wahyu 11', Supardi Nasir 86'); Rizki Rizaldi Pora (Toni Sucipto 77'), Hariono, Zulham Malik Zamrun, Irfan Bachdim (Firman Utina 63'), Ahmad Bustomi, Samsul Arif (Cristian Gonzales (90+4')

Malaysia: Abdul Kadir (GK); Bunyamin Umra, Shukor Adan (C, Safiq Rahim 66'), Muslim Ahmad, Azamuddin Akil (Indra Mahayuddin 69'), R Gopinathan (S Kunanlan 46'), Norshahrul Idlan Talaha (Safee Sali 84'), Amri Yahyah, Moh Azmi Muslim, Ahmad Ezrie Sazali (Baddrol Bakhtiar 73'), Mohd Afif Amiruddin

Kartu Kuning:
Indonesia: Irfan Bachdim (37')
Malaysia: Muslim Ahmad (64'), Shukor Adan (43'), Moh Azmi Muslim (85')

Subscribe to receive free email updates: