Pagi Hari, Jayapura Diguncang Gempa 5,4 SR, Warga Berhamburan Keluar Rumah

Gempa 5,4 SR guncang Kabupaten Jayapura 

Warga Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura panik dan berhamburan keluar rumah dan gedung sekolah serta perkantoran ketika sebuah gempa berkekuatan 5,4 skala Richter menguncang wilayah itu pada Rabu (30/9/2015) pukul 08.20 WIT pagi ini.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah V Jayapura, Provinsi Papua mencatat pusat gempa berlokasi di 2,49 Lintang Selatan dan 140,33 Bujur Timur atau  22 km barat laut Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua pada kedalaman 10 kilometer. Tempat terdekat dari pusat gempa ialahdi Depapre, Kabupaten Jayapura.

Gempa ini dapat dirasakan hingga 4 MMI Sentani, 3-4 MMI Jayapura, dan 3 MMI di Kota Jayapura.

"Kami masih menunggu kerusakan pascagempa dari staf kami di sekitar lokasi terdekat pusat gempa yakni di Depapre. Bagi masyarakat atau teman-teman pers yang memiliki data kerusakan gempa, silakan diinformasikan kepada kami," jelas salah satu staf di pelayanan jasa, Balai Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah V Jayapura, Agung Saptaji, di Jayapura, Rabu (30/9/2015).

Saat gempa terjadi, atap-atap rumah warga dan pagar rumah berguncang dan menimbulkan bunyi yang menambah panik warga setempat.

"Siswa yang sedang belajar, tadi sempat panik dan lari keluar terutama dari kelas-kelas di lantai 3," ungkap seorang guru sebuah madrasah di bilangan Entrop Jayapura.

Nampak juga di perguruan tinggi tak jauh dari madrasah itu, para mahasiswa beserta dosen dan staf berlarian keluar gedung perkuliahan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pagi Hari, Jayapura Diguncang Gempa 5,4 SR, Warga Berhamburan Keluar Rumah"

Post a Comment