Mahasiswa Ini Ditangkap Gara-gara Baca Buku

london
Seorang mahasiswa pascasarjana di Inggris dituduh sebagai teroris setelah membaca buku. Mohammed Umar Farooq, 33, diperiksa oleh petugas perpustakaan Staffordshire University ketika ia terlihat membaca buku tentang studi terorisme.

Pejabat di universitas di Inggris berdalih penangkapan diperlukan untuk memantau tanda-tanda ekstrimisme di kalangan mahasiswa. Menurutnya ini merupakan strategi kontra-terorisme pemerintah.

Farooq ditanyai oleh seorang pejabat tentang pandangannya tentang al-Qaida dan ISIS, dan percakapan itu kemudian dilaporkan ke aparat keamanan universitas.

Farooq mengatakan pejabat universitas telah meminta maaf, merujuk pada kurangnya pelatihan, namun masih ada pertanyaan yang harus dijawab.

“Mereka telah meminta maaf kepada saya. Tapi saya jenis orang [yang] ketika saya meminta maaf kepada seseorang, saya harus memberitahu mereka mengapa saya meminta maaf. Itu menunjukkan bahwa saya memang benar-benar minta maaf,” katanya kepada Anadolu Agency, Jumat (2/10/2015).

“Mereka sudah meminta maaf kepada saya, tetapi mereka masih belum memberi saya jawaban mengapa mereka melakukan itu kepada saya.”

“Saya bahkan tidak memahami konsep terorisme dan mereka menuduh saya dengan alas an pencegahan, mereka bahkan tidak mengerti terorisme itu sendiri.”

Farooq mengatakaninsiden itu menyebabkan dia meninggalkan studinya. Sekarang universitasnya membujuk dia untuk datang kembali.

Duh, curigaan banget sih baca aja disangka teroris. (Islampos)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mahasiswa Ini Ditangkap Gara-gara Baca Buku"

Post a Comment