22 Ketua PWNU Penolak Hasil Muktamar Kumpul di Rumah KH Tholhah Hasan

ketua-pwnu-penolak-hasil-muktamar-kumpul-di-rumah-kh-tholhah-hasan 
Sebanyak 22 Ketua Pimpinan Wilayah Nahdlatul Ulama (PW NU) penolak hasil Muktamar Jombang, berkumpul di kediaman KH Tholhah Hasan di Singosari, Kabupaten Malang, Minggu (21/11). Kunjungan tersebut dipimpin oleh Ketua PW NU Riau, KH Tarmudzi Tohor selaku Koordinator Forum Lintas PW NU dan KH Sholahuddin Wahid.

Gus Sholah, panggilan akrab KH Sholahuddin Wahid dalam keterangannya, mengungkapkan kalau kunjungannya kepada sejumlah kyai sepuh, dalam rangka menyampaikan kondisi Pengurus Besar Nahdlatul Ulaman (PB NU) sekarang ini. Pihaknya menyampaikan alasan penolakan hasil Muktamar ke-33 di Jombang beberapa waktu lalu.

“Silaturahmi saja, mumpung teman-teman PW NU sedang ke Malang mendapat undangan KH Hasyim Muzadi, sekalian kami menyempatkan diri nyuwun waktu kepada KH Tholhah, sesepuh yang sama-sama kita hormati,” kata Gus Sholah di Malang, Minggu (22/11).

Kata Gus Sholah, ada 22 PW NU yang ikut dalam rombongannya, dari 24 PW NU. Mereka adalah para pengurus wilayah yang mengambil sikap menolak hasil muktamar ke-33.

Kepengurusan PB NU muktamar ke-33 di bawah pimpinan KH Said Agil Siraj dan KH Ma’ruf Amin tidak diakui dan tengah dalam proses persidangan. Gugatan sudah dilayangkan, bahkan tiga kali sidang digelar tanpa kehadiran tergugat.

“Ini kawan-kawan dari 22 PW NU yang tidak menerima hasil muktamar, ya begitu saja yang saya sampaikan kepada para kiai sepuh yang hadir,” katanya pengasuh Ponpes Tebuireng itu.

Curahan hati yang disampaikan, kata Gus Sholah, seperti terangkum dalam buku berjudul Buku Putih tentang Muktamar Hitam (Tragedi Muktamar NU Ke-33 di Alun-Alun Jombang, Jawa Timut. Buku tersebut ditulis oleh Forum Lintas Walayah Nahdlatul Ulama.

“Mudah-mudahan ada tindak lanjutnya, karena kami juga tidak ingin suasana yang tidak jelas ini berkelanjutan,” katanya.

Sementara itu seperti dikutip dari laman media Merdeka.com, tampak KH Tarmudzi Tohor (Ketua PW NU Riau), KH Ahmadi (Ketua PWNU Papua Barat) dan KH Maemun Zubair, KH Tholhah Hasan, dan lain-lain. Pertemuan berlangsung sekitar 2 jam.

Sementara KH Tholhah Hasan, melalui asistennya menolak untuk memberikan pernyataan. Pihaknya pada posisi yang netral dalam kasus tersebut. (Merdeka/Lingkarannews)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "22 Ketua PWNU Penolak Hasil Muktamar Kumpul di Rumah KH Tholhah Hasan"

Post a Comment