Jelang Tahun Investasi dan MEA, Seribuan Warga Ikuti Parade Ekonomi Papua

 

Lebih dari seribu warga turun ke jalan dan melakukan "long march" dalam parade generasi ekonomi bersama Kamar Adat Pengusaha Papua (KAPP), menuju Kompleks Kantor Gubernur, di Kota Jayapura, pada Selasa.

Ketua Umum Pusat KAPP Merry C. Yoweni, di sela-sela parade itu mengatakan aksi "long march" masyarakat adat ini sebagai tanda pergerakan dan kebangkitan ekonomi di Papua menjelang tahun investasi 2016 dan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

"Agenda awal `long march` ini semula akan menurunkan sekitar 10 ribu masyarakat, namun karena kegiatan ini ditunda beberapa kali sehingga peserta dari daerah tidak bisa bergabung," katanya.

Menurut Merry, Gubernur Papua Lukas Enembe sudah memberikan respon baik atas rencana parade generasi ekonomi yang membawa kepentingan masyarakat adat berbasis ekonomi di Papua.

"Respon atau itikad baik dari Gubernur Papua Lukas Enembe ditunjukkan dengan sudah diprosesnya Peraturan Gubernur (Pergub) soal anggaran 3,5 persen untuk ekonomi berbasis masyarakat adat," ujarnya.

Dia menjelaskan, pergub tersebut sudah diserahkan ke Biro Hukum Setda Provinsi Papua dan tinggal ditandatangani oleh Gubernur Papua Lukas Enembe.

"Selain masalah anggaran bagi pengembangan ekonomi berbasis masyarakat adat ini, pergub tersebut juga berisi ide, saran dan keanggotaan KAPP," katanya lagi.

Dia menambahkan, KAPP merupakan mitra pemerintah sehingga ke depannya tetap akan mengawal tahun investasi dan MEA di wilayah Papua. (Antara)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jelang Tahun Investasi dan MEA, Seribuan Warga Ikuti Parade Ekonomi Papua"

Post a Comment