Langgar Batas Udara, Turki Tembak Jatuh Pesawat Sukhoi Rusia

sukhoi 
Koresponden kantor berita Al Jazeera melaporkan bahwa pesawat F-16 Turki baru saja menembak jatuh sebuah pesawat tidak dikenal di wilayah pegunungan dekat perbatasan Turki-Suriah.

Dalam keterangan awal pihak militer Ankara menyatakan bahwa pesawat tidak dikenal tersebut ditembak jatuh karena melanggar perbatasa udara Turki, setelah sebelumnya diperingatkan untuk pergi atau mendarat.

Sementara itu menurut informasi yang didapat koresponden Al Jazeera, Omar Khashram, mengatakan bahwa pesawat yang ditembak jatuh militer Turki berjenis Sukhoi.

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Rusia mengonfirmasi pesawat perangnya ditembak jatuh oleh jet tempur Turki.  Menurut Moskow, pesawat ditembak dari darat bukan oleh pesawat tempur.

Rusia juga  membantah jika pesawat perang SU-24 melanggar perbatasan Turki.  “Hari ini di wilayah Suriah, karena tembakan dari darat, SU-24 pesawat Rusia di di Republik Arab Suriah Jatuh,” ujar Kementerian Pertahanan Rusia dalam pernyatannya.

Pesawat diketahui terbang di ketinggian 6.000 menteri sebelum jatuh. “Selama durasi penerbangan, pesawat berada di atas wilayah Suriah. Ini terekam oleh metode perekaman terkini,” ujar Rusia dalam pernyatannya.

Observatorium Suriah untuk HAM mengatakan pesawat perang jatuh di daerah pegunungan di utara provinsi Latakia. Terkait penembakan pesawat, Presiden Tayyip Erdogan telah mengetahuinya dan akan bertemu dengan Perdana Menteri Ahmet Davutoglu untuk membahasnya. (Eramuslim)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Langgar Batas Udara, Turki Tembak Jatuh Pesawat Sukhoi Rusia"

Post a Comment